Kamis, 07 Juni 2012

WAWASAN NUSANTARA


BABA 2
WAWASAN NUSANTARA

            Kata wawasan berasal dari bahasa jawa yaiutu wawas (mawas) yang artinya melihat atau memandang, jadi kata wawasan dapat diartikan cara pandang atau cara melihat. Kehidupan Negara senantiasa di pengaruhi perkembangan lingkungan strategik sehingga wawasan harus mampu member inspirasi pada suatu bangsa dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan yang timbul dalam mengejar kejayaan. Dalam mewujudkan aspirasi dan perjuangan ada tiga faktor penentuan utama yang harus diperhatikan oleh suatu bangsa yaiutu : - bumi/ruang dimana bangsa itu hidup, - jiwa tekad dan semangat manusia/rakyat, -lingkungan.   
            Wawasan nasional dibentuk dan dijiwai oleh pemaham kekuasaan dan geopolitik yang dianut oleh Negara yang bersangkutan. Adanya paham-paham kekuasaan dan teori-teori geopolitik. Geopolitik adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala politik dari aspek geografi. Dan wawasan nasional secara universal sehingga dibentuk dan dijiwai oleh paham kekuasaan dan yang dipakai Negara Indonesia. Untuk itu pembahasan latar belakang filosofi sebagai dasar pemikiran dan pembinaan nasional Indonesia ditinjau dari: pemikiran berdasarkan falsafah pancasila, pemikiran berdasarkan asfek kewilayahan. Sebagai Negara kepulauan yang wilayah perairan lautnya lebih luas dari pada wilayah daratnya, maka peranan wilayah laut menjadi sangat penting bagi kehidupan bangsa dan Negara.wilayah perairan Indonesia dapat dibedakan tiga macam yaitu zona laut territorial, zona landas kontinen, dan zona ekonomi eksklusif.
            Kebudayaan secara etimologis adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh kekuatan budi manusia. Sosial budaya adalah faktor dinamik masyarakat yang terbentuk oleh keseluruhan pola tingkah laku lahir batin yang memungkinkan hubungan sosial diantara anggota-anggotanya. Sesuai dengan sifatnya, kebudayaan merupakan warisan yang bersifat memaksa bagi masyarakat. Berdasarkan ciri dan sifat kebudayaan serta kondisi dan konstelasi geografi, masyarakat Indonesia sangat hitorogen dan unik sehingga mengandung potensi konflik yangsangat besar. Menurut prof.Dr.Wan Usman wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dan semua aspek kehidupan yang beragam. Unsur dasar wawasan nusantara yaitu: wadah, isi, tata laku. Hakekat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara / nasional dalam bercara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkungan nusantara dan demi kepentingan nasional. Asas wawasan nusantara merupakan ketentuan-ketentuan dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara dan diciptakan agara ter agar terwujud demi tetap taat dan setianya komponen/unsur pembentuk bangsa Indonesia. Wawasa nusantara merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat dengan tujuan agar tidak terjadi penyesatan dan penyimpangan dalam rangka mencapai dan mewujudkan tujuan nasional.   

ANALISIS / OPINI
            Menurut pendapat saya wawasan nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanaannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebinekaan untuk mencapai tujuan nasional.dan banyaknya aspek-aspek yang bisa mencapai tujuan tersebut seperti aspek kewilayahan nusantara, aspek sosial budaya, dan aspek sejarah. Dari situlah kita dapat mengetahui bagaimana kita dapat mencapai tujuan tersebut.

SARAN
            Dari pernyataan di atas kita dapat mengetahui bagai mana pentingnya mengetahui wawasan nusantara untuk mencapai tujuan nasional oleh karena itu sebagai bangsa Indonesia kita yang mempunyai banyak wilayah perairan, maka sebagai generasi penerus kita harus bisa menjaga dan melestarikan juga memanfaatkannya dengan baik apa yang telah dimiliki oleh tanah air kita Indonesia.
            Untuk mewujudkan kesatuan segenap aspek kehidupan baik alamiah maupun sosial, maka kita dapat menjungjung tinggi kepentingan nasional ini dengan menyelenggarakan dan membina kesejahteraan , kedamain dan budi luhur serta martabat manusia di seluruh dunia.
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar